PERANGKAT JARINGAN NETWORK INTERFACE CARD (NIC)


PENGERTIAN NIC (NETWORK INTERFACE CARD)
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.  Sebuah NIC memiliki alamat khusus yaitu ethernet addres atau MAC address. Alamat tersebut berupa kide heksa 48-bit. Setiap NIC memiliki alamat yang berbedaJenis Network Interface Card (NIC)PCI Adapter PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya. Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.
USB Adapter USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai karena sifatnya yang praktis dan banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless.
Cardbus/PCMCIA Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi
Express Card Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kenapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang  hanya  memakai interface PCI. ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gigabit per second melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slot ExpressCard. Sementara untuk Cardbus menggunakan share bus dengan keluaran maksimum sampai 1,06 Gigabits per second saja secara sharing bersama-sama. Sementara itu, power yang dipakai hampir separuh (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).


PCI Express USB 3.0 Adapter
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0.
Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 SuperSpeed. Lihat juga mengenal lebih dekat USB 3.0. Salah contoh dari adapter PCIe USB 3.0 ini adalah TRENDnet 2-Port USB 3.0 PCI Express Adapter TU3-H2PIE. USB 3.0 ini PCI adapter ini mempunyai 2 port type A yang bisa digunakan pada komputer yang mempunyai slot PCI Express. Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.
Fungsi NICNic memiliki fungsi sebagai berikut:Menjadi sarana di dalam menerima dan juga mengirimkan data dengan melalui suatu kabel jaringan.Mengontrol aliran data yang terjadi antara komputer dan system perkabelan.Transfer data yang terjadi ke komputer lain akan dengan terlebih dahulu di persipkan     datanya dari komputer agar dapat di kirimkan ke media penghubung.Menerima data yang telah di transferkan dari komputer yang lein dengan menggunakan kabel dan kemudian menterjemahkannya ke dalam suatu bit yang nantinya akan di mengerti atau di baca oleh komputer.
Cara Kerja NICNIC dapat berkerja didalam lapisan fisik yang mana data dapat di pecah menjadi suatu bit yang kemudian ajan di kirimkan dengan menggunakan media jaringan ke komputer lainnya dengan kemudian dapat di rangkai kembali menjadi data yang utuh. Di setiap NIC memiliki kode yang unik seperti Cuma satu yang ada dengan terdiri dari 12 kode yang dapat di sebut dengan MAC Address atau Media Access Control. Tujuannya MAC address adalah untuk dapat menghindari sautu tabrakan yang terjadi antara data di jaringan. Pada contohnya node yang akan mengirimkan paket data maka sebelum itu akan melihat bagaimana jaringan tidak melakukan pengiriman paket data, jika node yang akan dapat melakukan pengiriman paket datanya. Paket data yang di pancarkan ketika node sedang mengirimkan paket data maka akan dapat terjadi collision. Ketika terjadi demikian maka node dan jaringan itu akan dapat berhenti bersamaan untuk dapat mengirikan paket data. Paket data itu yang mengalami collision akan dapat di kirimkan kembali kepada saat ada suatu kesempatan. Dengan cara ini akan dapat di namakan dengan metode CSMA/CD (Carrier Sence Multiple Access/Collision Detection) yang artinya pengurusan bagi para pengiriman data yang terjadi oleh komputer/node dengan cara serentak.












§     Bus

§   Bus adalah rangkaian/jalur (printed circuit) listrik dimana data ditransmisikan
Ada 2 jenis bus, yaitu:
- Local bus (processor bus)
Ada 2 jenis bus, yaitu: - Local bus (processor bus)

  §
- Expansion bus (AT bus)
 §   Jenis Bus untuk NIC§   Ada beberapa jenis standar bus jika NIC dihubungkan dengan motherboard, yaitu:


- ISA
- PCI
- PCMCIA
- ISA - PCI - PCMCIA

§    ISA   :Singkatan dari Industry Standard Architecture.Dulu, bus jenis ini digunakan pada IBM PC.Data ditransfer menggunakan jalur 8 bit.Bekerja dalam CPU jenis 8086 dan 8088.Memiliki kecepatan 8 MbpsDigunakan pada printer, modem, sound card. §   PCI    :Singkatan dari Peripheral Component Interface.Dapat melakukan transfer data 32 bit dalam satu waktu.Sudah mendukung teknologi plug and play terbaruPCI sebenarnya digunakan untuk meningkatkan kecepatan grafis. §   PCMCIA       :Singkatan dari Personal Computer Memory Card International Association.Ditujukan untuk laptop dan notebook.PCMCIA v1.0 merupakan standar untuk memory cardPCMCIA v2.0 sudah digunakan untuk modem, disk drive, dan network card.  §     NIC untuk Wired Network§   Jenis kabel:o    BNC Connector§   Berbentuk silinder, dengan 2 prongs untuk menghubungkan.Terbuat dari tembagaMenggunakan T-connector jika dihubungkan dengan network adaptor.§   b.      RJ-45 Connector§   Seperti kabel telepon biasa, tetapi bentuknya lebih besar§   c.       UTP (unshielded twisted-pair)§   Kabel yang digunakan untuk pengaturan jaringan 10BaseT/100BaseTX§   d.      Ethernet§   Merupakan teknologi pertama LAN.Kecepatan hanya 10 Mbps
Sudah jarang digunakan
Sudah jarang digunakan§   e.       Fast Ethernet§   Kecepatan sudah mencapai 100 Mpbs§   f.       Gigabit Ethernet§   Beroperasi pada kecepatan 1.000 Mpbs.Ada 2 standar, yaitu 802.3z untuk jaringan berbasis fiber optik dan 802.3ab untuk jaringan berbasis twisted pair. §     NIC untuk Wireless Network§   Ada 3 standar yang digunakan, yaitu:§   802.11a wireless networking.Frekuensi 5 GHz, kecepatan 54 Mbps
Biaya mahal, untuk file-file yang besar
Biaya mahal, untuk file-file yang besar§   802.11b wireless networkingFrekuensi 2,4 GHz, kecepatan 11 Mbps
Interferensi dengan perangkat lain
Interferensi dengan perangkat lain§   802.11g wireless networkingFrekuensi 2,4 GHz, kecepatan 20 Mbps
Interferensi, throughput lebih dari 802.11b
Interferensi, throughput lebih dari 802.11b §     Prinsip Kerja Network Card§   v  Paket§   Menggunakan protokol Carrier Sense Multiple Access With Collision Detection (CSMA/CD) untuk mengirim paket.Dalam pengiriman data sering terjadi “collision”§   v  Topologi jaringan
- Star
- Bus
- Star - Bus§     Setting Network Card§   Ada beberapa konfigurasi:
Interrupt Request Line (IRQ) : line hardware yang digunakan untuk mengirimkan servis request ke CPU
Base I/O Port Address      : channel untuk aliran data antara NIC dan CPU
Base Memory Address     : lokasi memory (buffer) yang digunakan oleh NIC
DMA Channel                  : channel untuk NIC mengakses memory tanpa perlu melalui CPU
Transceiver type                : transmit/receive setting, bergantung jenis pengkabelannya.
Interrupt Request Line (IRQ) : line hardware yang digunakan untuk mengirimkan servis request ke CPU Base I/O Port Address      : channel untuk aliran data antara NIC dan CPU Base Memory Address     : lokasi memory (buffer) yang digunakan oleh NIC DMA Channel                  : channel untuk NIC mengakses memory tanpa perlu melalui CPU Transceiver type                : transmit/receive setting, bergantung jenis pengkabelannya. §   #  IRQ§   IRQ diberikan dengan prioritas hanya 1 perangkat yang bisa diberikan untuk IRQ line tertentu. Jika tidak, akan terjadi IRQ conflict
Dua perangkat bisa membagi (share) IRQ line, tetapi tidak bisa menggunakan secara bersamaan
Dua perangkat bisa membagi (share) IRQ line, tetapi tidak bisa menggunakan secara bersamaan§   #  Base I/O Port§   Tiap I/O perangkat harus memiliki port unik/lokasi memori
Tujuannya agar perangkat lain bisa saling berkomunikasi.
Tujuannya agar perangkat lain bisa saling berkomunikasi.§   #  Base Memory Address§   Memory space disediakan sebagai buffer untuk menyimpan data yang masuk dan keluar.Tidak semua NIC memerlukan base memory address karena mereka tidak bertukar data dengan CPU melalui lokasi shared memory.§   #  Transceiver
Merupakan perangkat yang mentransmisikan dan menerima sinyal
Pada NIC, digunakan untuk menerjemahkan aliran data dari paralel (internal) ke serial (eksternal) maupun sebaliknya.Dapat mendeteksi error pada kabel merupakan bagian inti dari ethernet LAN.Normalnya, berada di dalam NIC.
Merupakan perangkat yang mentransmisikan dan menerima sinyal Pada NIC, digunakan untuk menerjemahkan aliran data dari paralel (internal) ke serial (eksternal) maupun sebaliknya.Dapat mendeteksi error pada kabel merupakan bagian inti dari ethernet LAN.Normalnya, berada di dalam NIC.



No comments:

Post a Comment

PERANGKAT JARINGAN NETWORK INTERFACE CARD (NIC)

P ENGERTIAN NIC  (NETWORK INTERFACE CARD) NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan kompu...